Sunday , October 24 2021

Cara Merawat Kabel Speedometer dengan Mudah

Pernahkah anda parkir motor di parkiran luas yang terpampang langsung matahari. Hal ini tentu membuat kita jengkel, salah satu akibatnya saat akan memakai jok motor terasa panas. Tidak hanya itu beberapa hal yang merugikan ketika parkir di area yang langsung terkena sinar ultraviolet matahari yaitu rusaknya Speedometer Digital.

Kerena motor yang sudah mengadopsi teknologi injeksi punyai mempunyai speedometer yang bagus. Namun, jika terpampang langsung terik matahari akan lebih cepat mengalami kerusakan. Mempunyai motor bagus perlu dirawat dan dijaga body dan mesinya supaya dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Speedometer merupakan salah satu instrumen penting pada setiap motor. Speedometer mampu memberikan informasi kondisi motor Anda. Termasuk di dalamnya pemberian informasi kode dan masalah yang terjadi di pada motor kesayangan anda.

Speedometer ini perlu dijaga, jangan sampai ‘salah satu komponen penting ini terbakar matahari atau mempunyai bahasa inggris Sunburn. Ketika speedometer sudah mengalami sunburn. Maka pemilik motor mungkin akan mengganti spedometer yang terbakar dengan yang baru. D biaya untuk menggantinya pun tidak murah.

Apabila layar speedometer sering terkena terik matahari secara langsung menyebabkan layar spedometer tidak terlihat. Ketika spedometer tidak terlihat maka kita akan kesulitan melihat info sisa bahan bakar yang ada ditangki.

Cara Merawat Speedometer dari Sunburn

Kerusakan speedometer digital yang sering dialami oleh banyak orang kemungkinan besar karena sering parkir di tempat umum di bawah terik matahari langsung.

Cara mengatasi agar speedometer digital motor tidak cepat rusak adalah parkir di tempat teduh atau tidak terpampang langsung terik matahari.

Atau bisa juga menggunakan stiker untuk menutupi speedometer digital. Dengan dilapisi stiker transparan hitam maka akan lebih aman dari sorotan matahari. Cari lokasi tempat penitipan parkir supaya motor Anda tidak terkena terik sinar matahari.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara menjaga dan mengatasi spedometer digital supaya tidak cepat rusak karena terkena panas terik matahari secara langsung atau sunburn. Sayangi motor supaya dapat digunakan dalam waktu yang lama dan dapat digunakan oleh anak maupun keluarga Anda.

Cara Merawat Kabel Speedometer

Untuk motor skutik dan bebek langkah mudah membuka roda depan memakai kunci sok 19/17 dan 14 lalu martil untuk nantinya mendorong masbouk as roda saat dipasang. Buka mur dengan kunci 19 atau 17 diputar berlawanan arah jarum jam dan sambil menahan ujung as lainnya dengan kunci 14.

Setelah baut terbuka, tarik as perlahan dan tahan roda jangan sampai langsung jatuh. Bila as sudah lepas, maka turunkan roda perlahan dan lepasan gigi nanas dari roda. Jangan lupa, saat membongkar roda depan ini motor sebaiknya diganjal dengan dongkrak, balok atau batu bata agar bagian depan terangkat.

Cara mudah bongkar rangkaian speedometer, tinggal lepas roda dan ganti gigi nanasnya. Untuk memeriksa ujung sling kabel speedometer, tinggal cabut pangkal gigi nanas. Kedua bagian ini perlu dilumasi memakai gemuk agar tidak lekas aus karena berputar.

Setelah selesai melumasi rangkai kembali roda dengan gigi nanasnya dan pasang roda ke tempat asalnya secara hati-hati. Pemasangan kabel sling sebaiknya dilakukan belakangan setelah roda terpasang rapi.

Ketika roda sudah terpasang, tinggal rangkai kabel slingnya dengan cara dicolokin ke pangkal gigi nanas sampai terasa mentok dan rapat. Itulah bagaimana cara merawat kabel spedometer yang kami kutip dari ahli otomotif yang kami kutip di salah satu laman otomotif di internet.