Sunday , October 24 2021

4 Cara Membentuk Karakter Positif pada Anak

Bagi orang tua mempunya keturunan menjadi salah satu impian terbesar. Ketika diberikan keturunan wajid di didik dengan baik supaya menjadi kebanggaan keluarga. Namun, menjadikan anak yang sesuai dengan keinginan orang tua bukanlah perkara yag muda.

Pola asuh dan perilaku yang salah dapat menjadikan anak tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penting bagi kedua orang tua untuk bekerja sama dalam membentuk karakter positif anak. Pola asuh yang tepat adalah mendidik dan membesarkan anak dengan membimbing sekaligus mendukung maupun menjadi teman bagi anak.

Cara Membentuk Karakter Positif pada Anak

Berikut ini adalah 5 prinsip penting pola asuh atau parenting yang bisa Anda coba terapkan pada anak dirumah:

1. Menjadi panutan yang baik bagi anak

Cara membentuk karakter positif bagi anak yang pertama yaitu senantia menjadi panutan yang baik bagi anak anda. Sebagain besar anak akan menirukan apa yang dilihat dan dilakukan oleh kedua orang tua. Menjadi contoh perilaku yang baik adalah salah satu cara mendidik anak yang utama.

Tanamkanlah karakter positif bagi sang anak, sebagai contoh berperilaku baik dan santun terhadap orang lain, berkatan jujur, beribadah, menabung, serta membantu orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan.

2. Jangan terlalu memanjakan anak

Cara membentuk karakter positif anak yang keuda yaitu jangan memanjakanya. Ketika orang tua selalu menuruti kemain dan perkataan buah hati yang tidak sewajarnya artinya kita telah memanjakanya. Kebiasaan memberikan pelajaran agar ia tidak manja adalah hal yang positif yang wajib dilakukan orang tua.

Contoh kecil memanjakan anak adalah saat dia menangis atau tantrum karena ingin meminta jajan saat waktu tidur siang, meminta nonton tv saat malam padahal jam tidur, atau yang sering terjadi pada anak jaman sekarang yaitu merengek untuk bermain game di gadget.

Mendisiplinkan anak merupakan salah satu bentuk kasih sayang anak yang penting dilakukan orang tua dalam membentuk karakter yang baik pada anak. Yang paling penting jangan memarahinya terlalu keras apalagi memukulnya saat ia berbuat salah. Tegur dengan halus dan berikan pemahaman yang bijak kepadanya.

3. Luangkan waktu untuk anak setiap hari

Ketika anak mendapatkan waktu yang lebih terhadap anak adalah hal yang positif, isi dengan kegiatan yang positif. Saat anak melakukan tindakan tidak baik atau berkelakuan buruk segera tegur. Biasanya anak yang melakukan hal tersebut ingin mendapatkan perhatian dari kedua orang tua.

Jalinlah hubungan yang hangat antara ayah dan anak saat quality time. Selalu luangkan waktu untuk terlibat dalam kehidupan. Maksudnya, seperti sarapan bersama, mengantar anak kesekolah, berbincang-bincang sebelum tidur, belajar bersama maupun kegiatan yang berkaitan dengan keseharianya.

4. Tumbuhkan sifat kemandirian pada anak

Cara menanamkan karakter positif pada anak selanjutnya yaitu tumbuhkan sifat kemandirian. Agar anak mandiri orang tua perlu mendukung, memberikan kepercayaan serta memberikan kesempatan supaya percaya diri. Sebagai contoh sederhana yaitu merapikan mainan, merapikan tempat tidur atau membiasakan anak untuk dapat membagi waktu.