Sunday , October 24 2021

Penyebab Kutup Aki Jamuran dan Cara Mengatasinya

Apakah penyebab akibat beramur dan apakah ada pengaruhnya untuk terminal aki. Pernahkah anda melihat jamur pada aki di kutub positif dan negatif yang warnanya kehijauan dan berbentuk serbuk. Ciri jamur pada aki yaitu melekat pada ujung kabel dan terminal kaki.

Sebenarnya awal kemunculan jamur aki berasal dari residu yang terjadi saat pengisian alternator ke dalam aki. Akibat kurang menjaga dan merawat kurang baik Maka timbul jamur di kepala aki sehingga mampu mengganggu kinerja dari sistem pengisian.

Penyebab Aki Jamuran

Bagi orang awam mungkin tidak memperhatikan hal ini saat mengisi ulang aki motor. Salah satu penyebab yang kami kutip dari laman otomotif bahwa campuran aki disebabkan oleh overcharge atau pengisian yang dihasilkan oleh alternator ke aki terlalu berlebihan sehingga kepala aki menjadi panas dan mempercepat terjadinya jamur.

Beberapa penyebab naiknya ya ini karena longgarnya kepala aki. Sehingga saat mesin hidup alternator bekerja dan menghasilkan pengisian, efeknya kepala aki longgar dan menimbulkan panas pada kepala aki. Sebaiknya apabila mulai terlihat tanda-tanda jamur mulai meluncur sebaiknya segera dibersihkan.

Cara Membersihkan Kutub Aki Jamuran

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara membersihkan aki yang jamuran silakan coba tips berikut ini.

Sediakan air panas dan siramkan secukupnya di area kepala aki lalu disikat dengan sikat gigi atau sikap berukuran kecil yang dapat menjangkau celah kecil sehingga bersih secara menyeluruh.

Setelah dilakukan pencatatan silakan siram kembali lagi dengan air panas agar kotoran hilang. Langkah selanjutnya berikan Grease atau gemuk area yang telah disebutkan tadi.

Supaya hasil maksimal lepas dulu kepala aki saat proses pembelajaran berlangsung sehingga kabel pengikat kepala aki dapat dengan mudah dibersihkan.

Saat alternator bersih dari jamuran maka membuat usia aki lebih lama dan terhindar dari hambatan saat pengisian. Selain itu alternator dapat diterima dengan baik oleh aki tanpa gangguan jamur.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyebab kutub aki dan cara mengatasinya semoga bermanfaat bagi Anda yang mempunyai permasalahan tersebut.