Sunday , October 24 2021

Air Terjun Sri Gethuk, Keindahan Alam di Gunung Kidul Jogja

Pesona sungai Oyo yang memiliki air berwarna hijau, panorama tebing, Air terjun eksotis dan menyuguhkan pemandangan alam yang indah, sangat pas serta yang menarik dijelajahi saat masa-masa liburan. Air Terjun Sri Gethuk salah satu objek wisata alam yang menawan di Playen, Gunung Kidul, Jogja.

Gunung Kidul memang terkenal begitu banyak wisata alamnya, salah satu tempat wisata alam yang menawarkan keindahannya ialah Air terjun sri gethuk. Wisata yang satu ini memiliki keindahan alam dan pesonanya yang memukau.
Jika Anda berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, Anda akan langsung disuguhkan dengan air terjun yang mengalir dari sebuah tebing yang cukup tinggi. Ketinggian dari tebingnya sendiri pun mencapai sekitar 50 meter.

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun yang satu ini memiliki aliran dari tiga sumber mata air. Adapun diantaranya adalah Dong Poh, Air Ngandong dan juga Ngumbul. Ketiga sumber air tersebut memiliki aliran yang cukup deras, diperkirakan debit air dari tiga mata sumber air tersebut rata-rata memiliki debit air yakni 30 hingga 60 liter per detiknya. Dengan alirannya yang cukup deras tersebut membuat Anda bisa menikmati kesegaran dari air terjun satu ini.

Anda tidak perlu risau mengunjungi Air terjun sri gethuk ini kapan pun. Walaupun telah memasuki musim kemarau debit air yang di air terjun ini tidak pernah kering atau habis. Sehingga membuat kawasan yang ada di sekitar air terjun memiliki panorama alam yang hijau. Bukan hanya itu saja, di wisata yang lagi hits ini juga memiliki keunikan tersendiri yakni di sekeliling air terjun terdapat sawah yang luas dan subur sehingga akan tampak sejuk.

Air Terjun yang jadi kebanggaan warga gunung kidul ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan. Lebih tepatnya berada di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda tertarik ke tempat satu ini, Anda harus menempuh jarak yakni sekitar 42 kilometer dari pusat kota jogja. Bisa dikatakan Anda akan menempuhnya dengan waktu kurang lebih sekitar 1 hingga 1,5 jam.

1. Harga Tiket

Sedangkan untuk harga tiket, Air terjun sri gethuk ini hanya dibanderol sekitar Rp. 15.000., saja untuk satu orangnya. Sementara itu untuk jam operasionalnya air terjun yang sangat indah ini bukai mulai pukul 08.00 dan hanya sampai jam 16.00 Wib Saja.

Untuk Anda para wisatawan dari luar daerah ingin berkunjung atau yang baru pertama kali datang dan mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda pun tak perlu khawatir atau mungkin takut untuk tersesat. Sudah dipastikan sepanjang perjalanan terdapat banyak penunjuk arah yang akan menuntut Anda ke lokasi wisata ini. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk menggunakan aplikasi google maps dan bertanya kepada warga sekitar apabila kebingungan.