Sunday , October 24 2021

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Karanganyar Jawa Tengah

Karangnyar adalah salah satu kabupaten yang berada di lereng Gunung Lawu yang mempunyai pemandangan yang indah nan eksotis. Karangnyar mendapatkan julukan bumi INTANPARI yaitu industri, pertanian, perdagangan, dan pariwisata. Berbagai wisata alam, situs budaya, situs bersejarah bisa kita kunjungi di kabupaten yang berada di timur Kota Solo ini.

Tempat Wisata Populer di Karanganyar

Jika anda mempunyai keluarga atau sedang melancong ke Jawa tengah berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Karangayar yang paling hist dan instagramble dapat dijadikan pilihan berlibur.

1. Grojogan Sewu

Tempat wisara paling sering di kunjungi di Karangnya yakni Air terjun Grojogan Sewu. Berlokasi Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar mampunyai aliran air terjunnya yang sangat banyak, grojogan sewu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti air terjun seribu.

Untuk menuju Grojogan Sewu anda diwajikan menuruni 1200 anak tangga agar sampai ke lokasinya. Salah satu destinasi andalan Kota Tentrem ini pada waktu-waktu tertentu pengunjung yang datang kadang sampai membeludak. Datanglah kesana di hari kerja atau selain weekend maka tidak akan terjadi kesesakan saat berekreasi.

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog berlokasi di dukuh Berjo, desa Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar . Lokasi air terjun ini tidak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, menawarkan panorama alam dan suasana yang asri. Jika berkunjung kesini sebaiknya ajak keluarga supaya mendapatkan suasana yang tentram.
Jumlah pengunjung di Air Terjun Jumog tidak sepadat di Grojogan Sewu, karena wisata ini belum terekspos ke luar. Untuk menuju ke lokasi anda akan menuruni tangga, namun tidak sebanyak yang berada di Grojogan Sewu.

3. Gunung Lawu

Destinasi selanjutnya yang bisa anda kunjungi di Karangnyar yaitu Gunung Lawu. Salah satu gunung yang paling banyak penunjungnya ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dimana sisi baratnya adalah Karanganyar.

Gunung Lawu berlokasi di area, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar. Bagi anda yang gemar mendaki bisa melalui jalur Cemoro Kandang dan Candi Cetho yang masuk ke dalam administrasi Karanganyar.

Puncak Gunung Lawu ada tiga puncak yaitu hargo domilah, dalem, dan hargo dumilah dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Objek wisata ini sangat ramai didaki, terlebih saat malam 1 Suro.

4. Bukit Sekipan

Destinasi instagramable Karangnya selanjutnya yakni Bukit Sekipan. Objek wisata yang berlokasi di jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar wajib anda kunjungi sebab wisata disini menawarkan paket lengkap, waterboom dengan berbagai wahana permainan seru, taman, arena outbound, dan masih banyak lainnya.

Terdapat pula miniatur dari Ka’bah, area lempar jumrah, serta area untuk sa’i dan lainnya yang akan membuat liburan anda penuh edukasi. Tidak akan menyesal mengajak keluarga ke Bukit Sekipan karena memang rekomended. Dapatkan beberapa fasilitas utama seperti area parkir luas dan toilet yang cukup memadai di berbagai area wisata.

5. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di dukuh Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar adalah peninggalan dari kerajaan Majapahit. Salah satu candi Hindu yang terletak di ketinggian sekitar 1.496 mdpl dan menuju lokasi wajib meniki jalan yang cukup memacu adrenalin ketinggian untuk mencapainya.

6. Candi Sukuh

Rekondasi wisata sejarah di Karanganyar selanjutnya bisa ke Candi Sukuh yang berlokasi di dukuh Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar. Berada di kawasan Desa Gumeng, Candi satu ini terlihat seperti bangunan kebanyakan candi kuno dari Indonesia.

Di Candi Sukuh anda bisa menemukan beberapa patung erotis yang diyakini sebagai lambang kesuburan. Lokasi candi ini tidak jauh dari wisata Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog dan Candi Cetho. Beberapa ahli sejarah mengatakan jika candi ini mirid dengan candi yang berada di Suku Inca yang ada di Peru dan Suku Maya yang ada di Meksiko.